Ini salah siapa?

Bulan Agustus adalah bulan yang paling sibuk buat insan pecinta kegiatan pramuka. Selain ada perayaan HUT Kemerdekaan RI, juga ada hari ulang tahun Gerakan Pramuka itu sendiri. Masing-masing kwartir mulai dari ranting sampai cabang bahkan daerah dan nasional semua mempersiapkan perhelatan akbar itu.

log_wosm

Di antara acara penyambutan hari itu ada kegiatan upacara dan lomba, baik lomba tingkat Siaga, Penggalang maupun Penegak. Tetapi yang paling dan sangat disayangkan adalah lomba Penggalang Prestasi yang diselenggarakan Kwartir Cabang Sidoarjo kali ini. Apa sebab?

Itu karena ada kecurangan di antara pembina pramuka yang dijadikan panitia dan juri dalam lomba ini. Sampai-sampai ada peserta yang melaporkan hasil pemenang kegiatan secara total, padahal kegiatan lomba masih berlangsung dan belum selesai sepenuhnya. Dan lebih parahnya lagi, para peserta yang dinyatakan menang oleh juri ini dipanggil oleh panitia untuk segera mengumpulkan tugas, padahal hasil kegiatan lomba sudah diketahui banyak orang. Kemungkinan yang memanggil peserta itu adalah pembina dari peserta itu sendiri karena takut nilai yang masuk ke juri belum lengkap karena sudah dinyatakan menang.

Sungguh, ini merupakan fenomena begitu amat sangat memalukan bagi citra pramuka sendiri.

Lantas, siapa yang salah di antara mereka? Apakah pramuka yang baik selalu identik dengan kemenangannya dalam kegiatan yang bersifat lomba walaupun kemenangan itu diraih dengan jalan yang tidak jujur?

Mari kita renungkan bersama . . . . . . . . . . .. . . .

5 comments on “Ini salah siapa?

  1. saya slaku penggalang pramuka kwaran wonoayu sangat menyesalkan halitu karna memalukan harga diri para penggalang wonoayu khususnya sidoarjo.KAMI PENGGALANG SMPN 2 WONOAYU ,SMPN 1 WONOAYU.SMP PGRI BUDURAN,SMPN 1 TANAMN,DAN SMPN 2 TAMAN sangat marah atas hal itu kami mendukung untuk menggubah para panitia dan juri lomba tersebut

  2. biarin aja. . .

    mereka ga ada jiwa pram kali. . .

    kalau jujur, lebih berarti kemenangan. . .
    dari pada pakai cara itu. . .

    maklumlah, spenIVda itukan anaknya baik – baik.

    jujur dan tidak sombong

  3. Yaaaaaaa, begitulah kak.
    Namanya juga manusia. Ada yang sebenarnya dituakan malah merasa besar kepala. Ada yang dipercaya, eee disalahgunakan. Tapi ada juga kan yang dipuji malah merendah, diberi fasilitas baik malah menjadi malu dan risih.
    Saya kira di mana-mana (bukan hanya di Sidoarjo saja) ada orang-orang yang curang seperti itu. Semua tergantung dari kemampuannya menahan egoismenya dan setebal apa rasa malunya.

    Wallahu a’lam

  4. ada ya kak, hal seperti itu bisa terjadi di pramuka sidoarjo??benar2 bikin malu pramuka, padahal menang dan kalah dalm lomba itu suatu hal yang sangat biasa.Mungkin pembina nya terlalu ambisius untuk memenangkan lomba tersebut..bukan cerminan seorang pramuka sejati.

  5. ahh .. ittu kerjaannya ank kwarran tarik …

    tp , biarin lah . mskipun qta cuma juara 2 , tp kn qta jujur ..
    kan kak ike or kak imbar ga jdi panitia lmba ..

    iy kn ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s