Penting dalam Sistem Beregu

Dalam pembinaan pramuka, salah satu hal penting adalah sistem beregu. Namun, selama ini masih banyak kekurang pahaman dalam penerapan sistem beregu itu sendiri.

Sebenarnya, sistem beregu itu memudahkan dalam pembinaan pramuka penggalang sekaligus memudahkan proses belajar dan bekerja bagi pramuka penggalang itu sendiri. Hanya saja masih banyak hal-hal yang belum diketahui oleh regu tentang apa-apa saja yang membuat regu itu solid, kompak dan semangat. Mari kita perhatikan yang di bawah ini:

1. Identitas (baca: Ciri) Khas Regu
Setiap orang memiliki jati dirinya masing-masing. Demikian pula dengan regu, tentunya mereka punya sesuatu hal yang “aku banget” yang membuat mereka semakin merasa bersemangat dan kompak. Coba bayangkan jika ada suatu komunitas/kelompok yang mana di dalamnya para anggotanya tidak merasa apa yang ada dalam kelompok itu sesuai dengan dirinya, pastinya mereka akan cepat tidak kerasan. Oleh karenanya, sebaiknya regu itu dibentuk oleh orang-orang yang merasa sesuai dan bukan dibentuk oleh orang lain walaupun itu pembinanya sendiri.
Sedangkan ciri khas regu di antaranya menyangkut:
a. Sandi Regu
Sandi Regu berupa kode rahasia yang hanya diketahui oleh semua anggota regu dan bukan orang lain, termasuk pembinanya. Sandi ini bisa berupa sandi pramuka bisa juga berupa kode kata/kalimat/bahasa rahasia regu itu. Sehingga dengan demikian, regu ini bisa tetap berkomunikasi satu sama lainnya meskipun di antara mereka ada kehadiran orang lain.
b. Seragam / Atribut Regu
Selain sandi (baca: bahasa) regu, adanya kesamaan apa-apa saja yang dipakai dalam bergiat terutama dalam kegiatan pramuka, adalah juga mendukung apa yang disebut kekompakan. Karena pencitraan (baca: imej) orang yang melihat dapat berubah ketika melihat gaya seseorang yang lain dari pada yang lain. Karena pakaian adalah kesan pertama bagi orang lain.
c. Lagu dan Yel Regu
Lagu adalah seruan suara hati. Yel adalah seruan bersama. Jika keduanya dimiliki oleh suatu regu, alangkah kompaknya regu itu didengar orang. Bahkan, jika lawan mendengar, bisa jadi akan luluh hatinya. Kekerasan akan tertantang, semangat akan meningkat naik. Dan keberanian pun semakin baik.
Bukankah sering kita lihat, regu yang tidak mempunyai yel atau lagu, biasanya mereka minder untuk bertanding dalam suatu kegiatan dan tidak yakin dengan kemampuan.
d. Kebiasaan Regu
Kalau sandi adalah bahasa, pakaian adalah penampilan dan yel/lagu adalah suara; maka satu hal yang penting lagi adalah kebiasaan adalah metode “memupuk kebersamaan”. Mengapa demikian? Ini karena kekompakan regu butuh kesamaan visi, pemikiran dan tujuan. Hal ini akan dengan mudah terbentuk dengan seringnya bergiat bersama (sesama anggota regu) sehingga menjadikannya kebiasaan bersama. Mungkin juga akan menemukan rumusan-rumusan unggul dalam regunya. Termasuk pula menyepakati hari jadi regu, markas regu dan lain-lain yang berkaitan dengan regu. Semuanya itu tidak menutup kemungkinan akan membuat regu semakin solida dan kompak.
2. Administrasi Regu
Adalah segala bentuk catatan yang berkenaan dengan suatu organisasi. Regu adalah bagian dari organisasi kepramukaan. Artinya, regu juga wajib memiliki administrasi regu. Adapun yang perlu dimiliki regu adalah catatan mengenai:
1. Daftar hadir, mencakup semua pertemuan regu yang berkenaan dengan kegiatan regu baik kegiatan rutin maupun tidak rutin
2. Buku keuangan, mencakup keluar dan masuknya keuangan regu termasuk iuran dan pengeluaran-pengeluaran biaya untuk kepentingan regu
3. Jurnal regu, mencatat segala kegiatan regu dalam setiap pertemuan.
4. Catatan Pencapaian kecakapan anggota regu, berisi perkembangan kecakapan setiap anggota regu, baik kecakapan umum, khusus maupun pramuka garuda termasuk tanggal dan tempat pelantikan.
4. LogBook, berisi catatan kegiatan regu. Yang satu ini, isinya boleh berupa catatan tertulis maupun tergambar/tersimbol.
5. Notulen, berisi catatan pembahasan rapat/musyawarah dalam regu. Di dalam buku notulen ini tercantum pula isi/pokok bahasan, keputusan dan yang hadir dalam musyawarah.
6. Kalender kegiatan, berisi kegiatan-kegiatan regu lengkap dengan tanggal pelaksanaannya. Boleh berbentuk seperti kalender biasa yang diberikan keterangan isi kegiatannya, termasuk kegiatan pasukan yang sudah dimusyawarahkan dalam pasukan.
3. Kerja sama regu
Ada beberapa jenis kerja sama dalam sistem beregu:a. Kerja sama dalam regu
Kerja sama ini dimaksudkan agar ada usaha saling mendukung antara satu anggota regu dengan anggota yang lainnya. Termasuk di dalamnya adalah bagaimana mencapai tujuan bersama untuk memajukan regunya.b. Kerja sama antar regu
Pada bagian ini, kerja sama dimaksudkan untuk saling memberi masukan demi kemajuan kedua pihak. Apalagi jika regu tersebut tergabung dalam satu pasukan, maka bisa saling bekerja sama untuk misi bersama.c. Kompetisi dalam reguDalam satu regu tentunya terdiri dari beberapa orang anggota regu. Maka dari itu, satu sama lain sesama anggota perlu adanya persaingan yang sehat. Tentunya persaingan itu untuk kebaikan dan prestasi. Karena dalam regu bisa saling bekerja sama dan bersaing, maka dengan sendirinya regu tersebut semakin lama akan menjadi semakin meningkat daya saing dan pengalamannya.d. Kompetisi antar regu
Kompetisi ini dimaksudkan dengan memiliki tujuan yang sama dengan point di atas, hanya saja lingkupnya lebih meluas pada tingkatan pasukan.

 

4. Musyawarah regu
Musyawarah dalam regu adalah menjadi wajib dilaksanakan baik terjadwal secara rutin maupun tidak rutin (baca: insidentil). Hal ini dikarenakan regu yang memiliki beberapa anggota tersebut pastinya memiliki pula gaya/pola pikir dan kemauan yang juga pasti berbeda-beda. Sementara karena keterikatan dalam satu komitmen regu itu mengharuskan mereka memiliki satu keputusan yang disepakati bersama.Mengenai jadwal, untuk yang rutin paling tidak bisa dilaksanakan 3-4 minggu sekali. Akan lebih baik jika diadakan pertemuan yang diagendakan tentang apa yang akan dibahas dalam pertemuan regu tersebut.Nah, oleh karenanya mari kita biasakan untuk selalu musyawarah untuk mufakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s