Menjadi pemenang tidak harus selalu menang

Pada umumnya, semua orang menilai bahwa menang adalah tujuan akhir dari suatu perjuangan. Sebenarnya itu adalah tujuan dari suatu perang. Contohnya perang kemerdekaan adalah wajar berharap menang karena menyangkut nasib suatu kaum/bangsa dan jika kalah maka harga diri dan nasib yang akan selalu diinjak-injak.

Dalam dunia pendidikan, kompetisi dan kemenangan adalah merupakan sarana. Karena yang menjadi pemenang sekalipun bukan berarti dia yang terhebat melainkan dia yang lebih besar usahanya. Sedangkan yang kalah, adalah yang kurang usahanya. Artinya, kompetisi adalah alat untuk menciptakan suasana dan semangat belajar. Jadi, kehebatan seseorang lebih pantas dinilai dari seberapa keras usahanya dan bukan seberapa besar hasilnya. Itu yang utama. Dan ini pulalah yang sebenarnya yang harus selalu dinilai dalam dunia pendidikan. Bukankah ini yang lebih baik? Karena seorang pemenang sejati akan selalu siap untuk menang dan selalu siap untuk menerima kekalahan. Itu berarti, dalam hati orang tersebut sudah menang sebelum perang (karena kesiapan ini).

Pembina pramuka yang baik, akan selalu menciptakan suasana kompetisi dalam lingkungan binaannya. Namun, akan lebih baik pula jika tidak lupa menyampaikan maksud dari suasana persaingan tersebut. Sehingga, setiap saat akan selalu menghasilkan orang-orang yang siap untuk berusaha demi suatu misi yang diimpikannya. Dari sini, kemajuan bisa dicapai tanpa harus pembina menekan atau memberikan model kekerasan, semi militer (atau apapun namanya yang sejenis itu).

Coba dipilih, menjadi pemenang atau selalu menang?

One comment on “Menjadi pemenang tidak harus selalu menang

  1. Ping-balik: Menerima yang tak diharapkan | Scouterieda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s