Peremajaan Model Pembinaan Gugus Depan

Pembinaan pramuka di gugus depan kita yang sejak tahun 2010 menggunakan model pembinaan Program Siklus (Cycle Programme), bulan ini telah memasuki akhir siklus. Ini artinya, saat ini kita harus bersiap-siap untuk menyusun lagi program kerja/kegiatan untuk siklus berikutnya.

Di saat ini pula, kita telah berhasil merekrut 2 regu unggulan lagi untuk perkembangan pasukan kita di masa yang akan datang. Kita berharap nantinya, regu-regu yang tergabung dalam ampuhan pasukan ini akan pula mampu membawa kejayaan untuk korps kita dan mampu pula mengembangkan diri dan kemampuan pribadinya.

Banyak tantangan yang menghadang di hadapan kita, namun semoga saja semua itu mampu membuat kita semua semakin lebih baik. Termasuk salah satunya adalah perkembangan perform/penampilan yel-yel yang semakin ke sini, semakin menantang untuk kita harus mampu mengikuti atau menyainginya. Alhamdulillah, dalam masa 2 siklus ini GATUL SCOUTERIEDA sudah mulai bisa menyesuaikan diri dengan situasi dan suasana persaingan kreatifitas yel-yel tersebut.

Marilah kawan, mari kita serukan berbagai yel-yel tentang perubahan menuju kebaikan untuk generasi muda Indonesia yang lebih baik.

Dalam pembinaan yang saat ini berlaku adalah pembinaan yang berorientasi pada minat dan kreatifitas peserta didik sehingga ide dan kemauan peserta didik menjadi dominasi utama untuk dilaksanakan sebagai program kerja/kegiatan regu dan pasukan dan bukanlah pembinaan yang didominasi pembina yang semestinya adalah sebagai motivator dan inspirator bukannya dominator keputusan. Dengan demikian, peserta didik akan merasa lebih dihargai sepenuhnya baik pemikiran maupun keberadaannya yang sudah tidak lagi dianggap sebagai anak kecil yang belum bisa berpikir menuju penyelesaian masalah.

Mari kita majukan bangsa ini dengan memberikan ruang berpikir bagi generasi muda kita sekarang dan di masa yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s